FAQ (Frequently Asked Question)

  1. Dimana alamat Bagian umum Sekretariat Daerah Kota Madiun ?
    Jl. Pahlawan No. 37, Kota Madiun, Jawa Timur
  2. Pada hari apa saja dan kapan jam pelayanan di Bagian Umum ?
    Senin – Kamis : 07.00 WIB sd. 15.30 WIB
    Jumat : 06.30 WIB sd. 14.30 WIB.
  3. Berapakah nomor telepon Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Madiun ?
    Berikut nomor telepon / faks yang dapat dihubungi di Bagian umum :
    – Telepon ( 0351 ) 462756
    – Faks (0351) 457331
  4. Bagaiamana alur surat masuk/keluar di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Madiun ?

    Urutan Administrasi Surat Masuk
    • Menyortir surat berdasarkan penerima, jenis, tanggal penerimaan, dan tingkat urgensinya
    • Mencatat setiap surat dalam agenda persuratan menggunakan kode yang telah ditetapkan
    • Membuat lembar disposisi sebagai lampiran untuk surat masuk
    • Menyerahkan surat masuk ke sekretaris pimpinan atau pejabat departemen untuk proses disposisi
    • Menyerahkan surat yang telah melewati proses disposisi ke setiap departemen atau staf yang berwenang dalam memberi respons

      Urutan Administrasi Surat Keluar
    • Pembuatan dan pemrosesan surat sesuai keperluan atau catatan di lembar disposisi
    • Pemberian kode atau nomor surat berdasarkan ketentuan
    • Menggandakan surat (khusus surat yang ditujukan ke beberapa pihak sekaligus)
    • Mengirimkan surat sesuai tanggal dan tingkat urgensi
    • Memberi kode warna ke surat keluar untuk memudahkan pengarsipan
    • Memasukkan informasi surat keluar ke arsip pendataan.

Note : Administrasi surat masuk maupun keluar juga berlaku jika surat resmi dikirim dalam bentuk
digital.

  1. Cara magang di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Madiun ?
    Memasukkan surat yang ditujukan ke Bagian Umum atas nama Kampus/Universitas/Institusi pendidikan tempat belajar terkait, disertai berkas lampiran (Contoh : Nama, Jumlah Siswa/Mahasiswa yang akan melaksanakan magang, Proposal bahan pertimbangan magang, dll).