UPACARA VIRTUAL PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2020

Menindaklanjuti surat Radiogram dari Gubernur Jawa Timur tanggal 29 September 2020 nomor : 019/13566033.3/2020 perihal penyelenggaraan upacara hari kesaktiaan pancasila tahun 2020, maka tahun ini Pemerintah Kota Madiun mengadakan upacara hari kesaktian pancasila secara virtual.

Walikota Madiun bersama jajaran forkopimda mengikuti jalannya upacara dengan khidmat di gedung GCIO, Kominfo.

Upacara peringatan hari kesaktiaan pancasila ini merupakan moment bersejarah untuk mengenang simbol kemenangan “Kesaktian Pancasila” dimana bangsa Indonesia mampu mencegah ancaman komunis. Upacara yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Bertindak selaku Inspektur upacara Presiden RI, Joko Widodo. Tahun ini, peringatan kesaktian pancasila mengusung tema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.

Sesuai tema yang diusung tersebut masa pandemi yang dirasakan segenap masyarakat di muka bumi bukan menjadi penghambat kemajuan sebuah bangsa. Semangat pancasila harus ada di dada masing masing anak bangsa. Pancasila harus mampu menerangi kegelapan dan pancasila menjadi sebuah pusaka bangsa Indonesia untuk menegakkan ketangguhan segenap rakyat Indonesia.

“Peringatan jangan hanya seremonial, tetapi harus dapat memetik hikmah dari peristiwa yang diperingati itu untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman. Paling tidak kita bisa melakukan langkah-langkah pencegahan kalau ada konflik dengan belajar dari peristiwa-peristiwa yang lalu. Bukan hanya terkait Kesaktian Pancasila, tapi peristiwa apa saja,” kata Wali Kota usai mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia, harus menyala di hati kita masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang kita lakukan bagi sesama.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila